Lakon Pewayangan : Tidak Sekedar Barathayudha

0 129
Cerita
Kisah pewayangan tidak sekedar mengenai Barathayudha mau pun perjalanan Pandawa seperti yang ada di India. Kisah-kisah petualangan anak-anak Pandawa juga sering diangkat, hal ini tidak terdapat dalam versi India. Juga terdapat kisah-kisah penuh petuah seperti Semar Mbangun Khayangan dll. Di India sendiri tidak ada yang namanya wayang, kisah mahabarata dan ramayana hanya diceritakan secara verbal saja. Wayang sekarang sudah diresmikan sebagai master perdamaian karya budaya bangsa Indonesia, namun bangsa Indonesia yang mana?
Generasi muda Indonesia kini sudah banyak yang sama sekali tidak mengenal wayang, jangankan jalan ceritanya, tokoh-tokohnya saja  tidak banyak yang tahu. Sungguh ironi, di saat banyak orang-orang di negara lain berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk mempelajari wayang, bangsa ini lambat laun melupakan warisan budaya yang pernah dimiliki. Parahnya lagi wayang kini dipandang sebagai budaya kuno alias jadul oleh generasi muda Indonesia.
Pagelaran wayang kini hanya bisa ditemui pada hajatan-hajatan tertentu terutama pada daerah pedesaan. Kota-kota besar metropolitan sangat jarang menggelar pertunjukan wayang. Atas dasar itu wayang malah sering dibilang ndeso, kagak gaul.
Source kompasiana.com kompasiana.com/senda/55095c08813311b16fb1e174/wayang-sebagai-master-piece-karya-budaya-bangsa-indonesia-bangsa-indonesai-yang-mana#
Comments
Loading...