Lakon Pewayangan : Tinggal Khayangan Saptapertala

0 184

Kunthi, Puntadewa, Bimasena, Herjuna, Sadewa dan Nakula diantar Nagatatmala menghadap Sang Hyang Antaboga yang bertahta di kahyangan Saptapertala. Sang Hyang Antaboga mengucapkan selamat datang. di Kahyangan dasar Bumi lapis tujuh. Kunthi dan para Pandhawa secara bergantian mengucapkan terimakasih atas kebaikan Sang Hyang Antaboga, Nagatatmala dan Nagagini serta kerabat Saptapertala yang telah menolong dan memberi tempat yang mewah dan nyaman.

Sehingga mereka dapat merasa tenang dan aman, jauh dari bencana yang hampir saja merenggut jiwa mereka. Rasa trauma yang mencekam masih dirasakan terutama oleh Nakula dan Sadewa, yang hingga sekarang masih sering menangis ketakutan. Nagatatmala dan Nagagini ditugaskan oleh Hyang Antaboga untuk membuat Kunthi dan anak-anaknya betah tinggal di Saptapertala. Tempat yang disediakan dan makanan yang sajikan diusahakan membuat mereka nyaman dan senang.

Sehingga dengan demikian usaha untuk memulihan mentalnya dari trauma yang diderita, terutama Sadewa dan Nakula cepat berhasil. Tetapi yang lebih penting adalah, bahwa jangan sampai peristiwa Bale Sigala-gala nantinya amenimbulkan dendam di hati Kunthi dan para Pandhawa. Sang Hyang Antaboga mengetahui akan keadaan yang diderita Kunthi dan Para Pandhawa baik secara lahir maupun batin. Oleh karenanya Kunthi beserta anak-anaknya disarankan untuk sementara waktu tinggal di Kahyangan Saptapertala. Dengan tinggal beberapa lama di Kahyangan Saptpertala, Hyang Antagoba berharap lupa.

Source kaskus.co.id kaskus.co.id/thread/000000000000000008509235/lakon-kumpulan-cerita-wayang/12
Comments
Loading...