Lakon Pewayangan : Udawa Sayembara, Rebutan

0 58

Kisah ini menceritakan tentang Patih Udawa yang mengadakan sayembara tanding untuk memperebutkan adiknya, yaitu Niken Larasati. Sayembara ini akhirnya dimenangkan oleh Dewi Sumbadra yang menyerahkan Niken Larasati kepada Raden Arjuna. Kelak dari perkawinan mereka lahir seorang putra yang diberi nama Raden Bratalaras. Prabu Baladewa menjenguk Raden Burisrawa yang sakit di istana. Prabu Duryudana di Kerajaan Hastina dihadap Resi Druna dari Sokalima, Patih Sangkuni dari Plasajenar, Adipati Karna dari Awangga, dan Raden Kartawarma dari Tirtatinalang.

Di paseban luar, para Kurawa yang dipimpin Arya Dursasana satria Banjarjunut juga telah duduk bersiaga menunggu perintah. Hari itu Prabu Duryudana tampak menerima pula kedatangan Prabu Baladewa, sang kakak ipar dari Kerajaan Mandura. Prabu Baladewa telah menerima surat dari Prabu Duryudana yang mengabarkan tentang adik ipar mereka, yaitu Raden Burisrawa, yang saat ini sedang sakit dan tinggal di Kerajaan Hastina. Prabu Duryudana bercerita bahwa sejak gagal menikah dengan Dewi Wara Sumbadra, Raden Burisrawa tidak pernah lagi pulang ke Kerajaan Mandraka, melainkan pergi berkelana tak tentu arah seperti orang gila.

Hingga akhirnya pada suatu hari ia ditemukan di jalan oleh para Kurawa. Raden Burisrawa ditawari hendak diantarkan pulang ke Mandraka tetapi menolak. Ia memilih lebih baik tinggal di Kerajaan Hastina bersama kakaknya, yaitu Dewi Banuwati. Burisrawa menyebut-nyebut.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/02/udawa-sayembara.html
Comments
Loading...