Lakon Pewayangan : Wahyu Makutharama, Watak

0 596

Makutharama merupakan gabungan dari 2 kata yaitu Makutha dan Rama.. ”Makutha” adalah mahkota yang merupakan kelengkapan busana kebesaran seorang raja, sedangkan ”Rama” yang dimaksud adalah Prabu Rama Wijaya suami Dewi Shinta raja di Ayodya.. Sehingga Makuthorama dapat diartikan sebagai watak yang harus dimiliki oleh seorang raja meniru apa-apa yang telah dicontohkan oleh Prabu Rama Wijaya.. Sedangkan Hasthabrata juga merupakan gabungan dari 2 kata yaitu Hastha dan Brata.

”Hastha” adalah delapan, ”Brata” adalah laku atau perilaku.. Maka Hastha brata dapat secara bebas dapat diartikan 8 (delapan) perilaku yang layak disandang dan dilaksanakan. Wejangan Wahyu Makutharama ini diterima oleh Arjuna di atas Gunung Kuthorunggu oleh Begawan Kesawasidhi atau Kresna.

Wahyu Makutharama atau Harsthabrata terdiri dari delapan hal.  Adapun 8(delapan) hal tersebut adalah meniru watak dari alam di sekitar kita :

  1. Pratiwi yang berarti bumi, bumi mempunyai watak kuat sentosa… segala sesuatu mampu diangkatnya dengan gagah perkasa, baik itu manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan semua berpijak di atas bumi.  Dan bumipun tidak pernah mengeluh atas beban itu…
  2. Surya yang berarti matahari, matahari mempunyai watak menerangi merata di seluruh jagat tanpa kecuali. Sinar matahari bersifat memberikan kehidupan pada seluruh makhluk.
  3. Candra yang berarti rembulan, maka sifat rembulan mempunyai watak memberikan penerangan di kala malam hari atau pada saat gelap.
Source Wayangku Wayang Heritage
Comments
Loading...