Lakon Pewayangan : Wahyu Sabuk Gendam Pamungkas

0 175

Banyak lakon wayang yang berjudul wahyu, hal ini mencerminkan bahwa masyarakat Jawa penggemar wayang menaruh minat yang cukup besar terhadap nilai spiritual yang terkandung dalam kisah atau lakon wayang yang akan dapat memberikan pengetahuan rohani dan spiritual serta memperluas wawasan di bidang kejiwaan Adapun beberapa lakon wayang berkaitan dengan wahyu antara lain lakon-lakon : Wahyu Sabuk Gendam Pamungkas. Lakon ini termasuk lakon carangan, yang menceritakan di Amarta, Prabu Yudistira memberitahukan kepada saudaranya bahwa akan ada Wahyu Sabuk Gendam Pamungkas.

Prabu Baladewa yang datang di Amarta sanggup untuk mencarikan wahyu itu dengan syarat membawa Kalimasada. Semua setuju tetapi Sadewa tidak setuju bilamana Kalimasada dibawa Baladewa, maka Sadewa meninggalkan istana. Di perjalanan bertemu Wisanggeni dan diberi busana, maka Sadewa berganti nama Panduasmara mencoba meminta kembali Kalimasada dari tangan Baladewa, maka terjadi peperangan dan Baladewa kena panah berubah menjadi Batara Kala.

Sementara Prabu Suyudana di Gunung Himalaya menjadi muridnya Begawan Heruyaksa, ia minta kemakmuran Kerajaan Astina, tetapi ada syaratnya yaitu seorang ksatria yang mempunyai wajah wanita. Para Kurawa di perjalanan bertemu Angkawijaya dan ditipu dibawa ke Astina sebagai korban (tumbal). Pada waktu akan dibunuh, Bima dan Gatotkaca datang menyelamatkan Angkawijaya dan selanjutnya kembali ke Amarta. Bima mengakui kesalahannya terhadap Sadewa. Lakon ini kurang terkenal.

Source Wayangku Blogku Super Wow
Comments
Loading...