wayangku.id

Lakon Pewayangan : Wasi Jaladara, Pendeta Muda

0 17

Kisah ini menceritakan Raden Kakrasana (kelak bergelar Prabu Baladewa) menjadi pendeta muda di Gunung Rewataka, memakai nama Wasi Jaladara, yang kemudian bertemu dengan jodohnya, yaitu Dewi Erawati putri Prabu Salya. Patih Sangkuni melamar Dewi Erawati untuk Raden Kurupati. Prabu Salya di Kerajaan Mandraka yang dahulu menikah dengan Dewi Setyawati (Pujawati) putri Resi Bagaspati, telah dikaruniai lima orang anak. Anak yang pertama sampai ketiga semuanya perempuan, masing-masing bernama Dewi Erawati, Dewi Srutikanti, dan Dewi Banuwati.

Anak yang keempat berwujud ksatria gagah tapi berwajah raksasa, bernama Raden Burisrawa. Ia jarang sekali tinggal di istana karena malu pada wujudnya dan lebih suka menyepi di pinggiran kota. Adapun putra bungsu Prabu Salya bernama Raden Rukmarata yang berwajah tampan, mirip dengan Prabu Salya semasa muda (saat masih bernama Raden Narasoma). Hari itu Prabu Salya sedang dirundung duka karena putri sulungnya, yaitu Dewi Erawati menghilang entah ke mana.

Raden Rukmarata dan Patih Tuhayata sudah mengerahkan pasukan untuk mencari ke segala penjuru, tetapi Dewi Erawati seolah menghilang bagaikan asap. Tidak diketahui ke mana perginya, tidak diketahui pula siapa yang telah menculiknya. Ketika Prabu Salya sedang memimpin pertemuan untuk meminta laporan Raden Rukmarata dan Patih Tuhayata, tiba-tiba datang Patih Sangkuni dari Kerajaan Hastina yang membawa surat berisi ajakan.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2016/10/wasi-jaladara.html
Comments
Loading...