Lakon Pewayangan : Werkudoro Meruwat Batara Guru

0 182

Karena terlampau menuruti anaknya dewa Srani maka bhatara Guru memberikan wahyu kepada dewa Srani yang bukan haknya. Lalu dengan bantuan dewi Durga ibunya dewa Srani turun ke bumi menimpakan bencana kepada banyak orang. Yang dia cari tentu saja Pandawa. Dewi Durga menjelma jadi senjata yang tak mampu di hadapi oleh siapa pun karena kesaktianya. Goro goro menjelma di Arcapada. Semar marah dan gugat ke kayangan. Bhatara Guru disot (dikutuk) menjadi raksasa.

Bhatara Guru dalam wujud raksasa meminta ampun minta dikembalikan. Tapi Semar berkata carilah orang yang bisa meruwat kesalahanmu. Lalu bhatara Guru turun ke Arcapada. Di Arcapada dewa Srani bener bener mengincar Arjuna. Karena Arjuna adalah pemegang title lanange jagad yang ingin direbut dewa Srani. Ketika Arjuna hampir kalah dia melarikan diri dari perang karena tidak kuat menghadapi senjata pusaka jelmaan betari Durga. Sementara itu batara Guru raksasa turun ke Arcapada bertemu bhatara Kresna dan Werkudoro.

Batara Guru minta bantuan supaya Werkudoro mau meruwat sengkala batara Guru. Tiba tiba datanglah Arjuna berlari minta perlindungan. Oleh Werkudoro batara Guru disuruh menghadapi dewa Srani. Mengira raksasa yang datang adalah tiwikrama Kresna dewa Srani melemparkan senjatanya ke arah batara Guru. Seketika keduanya berubah. Raksasa berubah batara Guru sementara senjata berubah.

Source Wayangku Wayang Indonesia
Comments
Loading...