Lakon Pewayangan : Wirata, Kerajaan oleh Wisnu

0 202

Yamuna, hasil pernikahan dengan Gunung Arganila. Raden Durgandana yang bergelar Prabu Matswapati berumur panjang dan awet muda. Juga keturunannya seperti Dewi Utari yang dipersunting Abimanyu, walau anak Harjuna itu sebenarnya buyut Utari yang tetap kinyis-kinyis walau sebutannya mbah buyut. Putra mahkota kerajaan Wirata, Arya Seta berbini Dewi Kanekawati, putri Sang Hyang Narada. Walau bukan raja, Arya Seta menguasai kadipaten Cemarasewu yang cukup luas putra Wirata kedua bernama Arya Wratsangka, sakti dan beristri Dewi Tirtawati putri raja Tasikretna.

Putra kedua ini juga menjadi adipati di Cemarajajar. Sedang putra yang lain bernama raden Utara, dan berikutnya adalah Dewi Utari isteri Raden Abimanyu. Kerajaan Wiratha adalah kerajaan yang didirikan oleh Dewa Wisnu, dengan dimulai dari Prabu Basurata yang menikahi Dewi Bremaniyuta, anak Begawan Bremani putra Dewa Brahma. Selanjutnya Prabu Basurata berputra Prabu Basupati. Prabu Basupati dengan Dewi Anganti berputra tiga yaitu Arya Basunanda, Arya Basukesti dan Arya Basumurti.

Arya Basunanda menggantikan Prabu Basupati tidak beberapa lama, karena dia lebih senang menjadi pendeta, apalagi dengan setelah putrinya Dewi Basundari menikah dengan gunung Arganila. Selanjutnya Wirata diperintah oleh Prabu Basukesti dan patih Basumurti. Sedang Prabu Basukiswara sendiri adalah putra dari Prabu Basukesti dengan Dewi Pancawati. Cerita dari Prabu Basukiswara akan saya ceritakan dalam cerita tersendiri.

Source Wayangku Wayang Indonesia
Comments
Loading...