Lakon Pewayangan : Wisanggeni Lahir, Putra Arjuna

0 195

Kisah ini menceritakan kelahiran Bambang Wisanggeni, yaitu putra Raden Arjuna yang lahir dari Batari Dresanala, putri Batara Brahma. Bambang Wisanggeni ini adalah putra Pandawa yang sangat istimewa, tidak terkalahkan karena adakalanya menjadi tempat Sanghyang Padawenang bersemayam. Batara Brahma telah mengambil raden Arjuna sebagai menantu. Di Kahyangan Jonggringsalaka, Batara Guru sedang memimpin pertemuan para dewa yang dihadiri Batara Narada, Batara Sambu, Batara Brahma, Batara Bayu, Batara Indra, dan Batara Panyarikan.

Dalam pertemuan itu Batara Guru bertanya kepada Batara Brahma mengapa cukup lama tidak datang menghadap. Batara Brahma menjelaskan bahwa ia baru saja menikahkan putrinya yang bernama Batari Dresanala dengan Pandawa nomor tiga, yaitu Raden Arjuna. Batara Guru bertanya bagaimana ceritanya Raden Arjuna bisa menikah dengan bidadari. Jasa apa yang telah ia perbuat sehingga bisa menjadi suami Batari Dresanala. Batara Brahma pun bercerita, awalnya ia mempunyai murid bernama Prabu Setaketu dari Kerajaan Selapura.

Prabu Setaketu ini dari luar tampak sangat berbakti dan mematuhi segala petunjuk yang diberikan Batara Brahma, namun di dalam hati menyimpan maksud lain. Hingga pada suatu hari Prabu Setaketu menunjukkan watak aslinya. Ia berkhianat menjebak Batara Brahma masuk ke dalam perangkapnya. Rupanya Prabu Setaketu adalah pemuja Batara Kala yang ingin menyenangkan dewa sesembahannya itu. Batara Brahma sendiri berhasil lolos.

Source albumkisahwayang.blogspot.co.id albumkisahwayang.blogspot.co.id/2017/12/wisanggeni-lahir.html
Comments
Loading...