Lakon Pewayangan : Yudhistira Ditipu Oleh Raksasa

0 271

Pada suatu hari Yudhistira, Nakula, Sadewa dan Drupadi ditipu oleh raksasa yang menyamar sebagai brahmana, dibawa lari berikut senjatanya. Yudhistira dan saudara-saudaranya sama sekali tidak mengira yang mengajak lari adalah raksasa yang menyamar sebagai seorang brahmana. Ketika Bima dan Gatotkaca pulang dari berburu, tidak menjumpai saudara-saudaranya. Maka segera mencarinya, dan ketika berjumpa dengan Jathasura yang menipu tadi, segera terjadi perang, yang berakhir dengan kematian Jathasura.

Pandawa lalu kembali ke Widari lagi. Setelah beristirahat beberapa hari, Pandawa melanjutkan perjalanan dan tiba di pertapaan Arstisena di Himawat, dan tinggal disitu beberapa waktu. Pada suatu hari Dewi Drupadi menyatakan keinginannya kepada Bima, bahwa ia ingin melihat puncak gunung Gandamadana, di mana di situ banyak tinggal raksasa. Bima menyanggupi dan akan berangkat sendiri terlebih dahulu, nanti bilaselamat akan kembali. Sesampai di puncak gunung Gandamadana terjadilah perang melawan raksasa.

Para raksasa kalah, sisanya lari melapor kepada Satara Kuwera. Mendengar laporan itu Batara Kuwera sangat rnarah dan segera datang ke tempat terjadinya peperangan dengan menaiki kereta. Ganti yang diceriterakan, Pandawa ketika mendengar suara gemuruh dipuncak gunung, mengira itu suara raksasa yang sedang berperang melawan Bima, oleh sebab itu segera berangkat menuju suara tersebut. Ketika itu Dewi Drupadi tidak turut serta, dititipkan kepada Resi Arstisena setelah tiba.

Source bsd.pendidikan.id bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10smk/Kelas_10_SMK_Pengetahuan_Pedalangan_2.pdf
Comments
Loading...