Lembaga Wayang : Gara-gara Seni Mustika Yuastina

0 94

Pada adegan gara-gara, Graha Seni Mustika Yuastiana lebih menekankan pada imajinasi penonton agar penonton merasakan masuk menjadi bagian dari pertunjukan. Penonton bisa meminta lagu kepada pemusik wayang orang dan ikut bernyanyi atau menari di atas panggung bersama dengan pemain wayang orang. Di dalam pergelaran pertunjukan wayang orang oleh Graha Seni Mustika Yuastina, gerak merupakan elemen yang paling penting. Karena pada saat ini geraklah yang dijual dalam pertunjukan wayang orang.

Dengan gerak sudah bisa menggambarkan sajian cerita dalam pertunjukan wayang orang. Bahkan saat ini dialog atau antawecana disimbolkan pada gerakan tari yang ditarikan oleh tokoh wayang orang.  Para tokoh wayang orang sangat minim dalam melakukan dialog karena dialog yang sangat panjang berakibat pada kejenuhan penonton. Kekreativitasan koreografer benar-benar diperlukan dalam menata gerak untuk menunjukkan suasana serta jalan cerita.

Gerak yang digunakan oleh Graha Seni Mustika Yuastina adalah gerak-gerak pada seni tari klasik Surakarta yang sudah dikembangkan. Seiring dengan perkembangan zaman, para pemain wayang orang Graha Seni Mustika Yuastina telah menggunakan bahan rias modern. Komunitas yang beranggotakan pemuda-pemudi ini lebih memilih bahan rias modern karena bahan-bahan tersebut lebih mudah didapatkan. Apalagi bahan rias modern lebih memiliki pilihan bahan rias yang banyak. Meskipun dibandrol dengan harga yang agak mahal, para pemain wayang orang.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...