Lembaga Wayang : Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya

0 77

Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya dalah wadah untuk menghimpun aktivitas pemuda-pemudi yang masih memiliki dedikasi terhadap kesenian, khususnya wayang orang. Pemuda-pemudi yang tergabung dalam Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya telah menunjukkan bakti dan dedikasi secara teratur dan bergantian dalam membantu kegiatan rutin di Kampung Seni THR berupa pementasan wayang orang dalam paguyuban Wayang Orang THR Surabaya yang diadakan oleh UPTD.

THR Surabaya hingga saat ini. Wayang Orang Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya mempunyai beberapa direktur artistik. Direktur artistik Wayang Orang Komunitas Mustika Yuastina Suarabaya adalah sutradara, dalang, komposer atau penata gending, pimpinan, serta manager. Sutradara bertugas memberi pengarahan kepada penari dan aktor, dan memiliki tanggung jawab artistik maupun tehnik pementasan. Sutradara Wayang Orang Mustika Yuastina lebih banyak memusatkan perhatian pada alur cerita, memilih pemain untuk berperan dalam cerita (mengatur casting), dan menuangkan garapannya kepada seluruh pendukung pementasan.

Sutradara biasanya menentukan peran berdasarkan olah tari, olah vocal, maupun pengetahuan tentang sastra peWayangan, karawitan, dan gender. Penonton akan disajikan cerita atau lakon wayang berdasarkan kisah Mahabarata dan Ramayana yang mengandung pesan moral dan tertanan ada dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam pementasannya, kesenian yang termasuk barang langka ini di suguhkan dengan setting panggung eksotis serta penonton akan disuguhi & menikmati suasana unik.

Source journal2.um.ac.id journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/download/2185/1287
Comments
Loading...