Lembaga Wayang : Paguyuban Wayang “Hamangunsih”

0 115

Kelompok Krawitan/Wayang Wahyu Hamangunsih” (Jawa=membangun kasih), yang anggotanya terdiri dari buruh tani, tukang ojek, tukang parkir, guru dan wiraswasta. Pagelaran perdana wayang wahyu di Paroki Tyas Dalem Kroya mengambil cerita “Pembebasan Israel”. Pagelaran tersebut dibuka untuk umum dengan jumlah penonton kurang lebih 700-an orang. Pentas kedua diadakan pada tanggal 28 Mei 2010 dengan cerita “Sang Maria“. Pasca dua pentas yang cukup sukses tersebut, kegiatan Wayang Wahyu tidak berhenti namun ada tindak lanjutnya.

Wayang wahyu yang didalangi oleh Rm. Handi aktif pentas di beberapa tempat lain : Adipala, Tegal, Pemalang, Purwokerto dan akan di Gombong pula. Untuk pementasan di Gombong, wayang wahyu akan menggelar lakon “Elias Sang Pinunjul”. Lakon Wayang Wahyu Elias Sang Pinunjul” diambil dari Kitab 1Raja-raja dan mendapat tambahan inspirasinya dari Novel Paulo Coelho yang berjudul “The Fifth Mountain“. Lakon ini menggambarkan perjuangan Elia dalam menegakkan ajaran yang benar yakni menyembah  Allah Yahwe.

Cerita ini diawali dengan adegan istana Israel, yakni hadirnya tokoh Raja Ahab dan permaisurinya, Isebel yang begitu membanggakan kekuasannya karena merasa dilindungi oleh Dewa Baal. Datanglah Elia yang membawa berita dari Allah Yahwe bahwa di seluruh Israel akan terjadi bencana kemarau panjang. Namun, mendengar berita itu, Raja Ahab dan Isebel murka dan berusaha membunuh Elia. Elia lari.

Source Informasi wa-iki.blogspot.com/2012/10/wayang-wahyu.html
Comments
Loading...