Lembaga Wayang : Paguyuban Wayang Orang Barata

0 106

Wakil Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata dan Sutradara Kresna Duta, Teguh “Kenthus” Ampiranto mengatakan, pemilihan Kresna sebagai pusat cerita bukan tanpa alasan. Di samping alur cerita yang menarik, makna filosofis dibalik cerita tersebut adalah mengajarkan budaya berdiplomasi.

Wayang orang itu bukan sekadar tontonan, tetapi juga tuntunan yang relevan dipakai zaman sekarang

tutur Teguh. Selain berperan sebagai duta pamungkas, Kresna sebenarnya akan menjalankan misi sulit lainnya, yaitu menjadi duta budaya Indonesia di kancah internasional. Pendiri Yayasan Paramarta Karya Budaya, Prasti Rachmadi Pomarius, menyampaikan bahwa pergelaran Kresna Duta merupakan rangkaian kegiatan pementasan wayang orang yang akan dilaksanakan di Jerman pada Mei 2019. Sebanyak 40 pemain wayang orang akan berangkat ke Jerman. Mereka akan berkolaborasi dengan 10 diaspora Indonesia untuk memperkenalkan wayang orang di lima kota, yaitu Hamburg, Bremen, Frankfurt, Berlin, dan Muenchen.

Orang Jerman lebih sering mendengar Indonesia identik dengan kemiskinan, bencana alam, terorisme, dan radikalisme agama. Saya ingin menunjukkan Indonesia lebih dari yang ditampilkan lewat televisi

ujar Prasti. Pergelaran wayang orang di negara tersebut rencananya akan diiringi narasi berbahasa Jerman agar penonton memahami alur cerita. Dialog dalam bahasa Jawa dipertahankan agar esensi cerita dan budaya Indonesia tetap terjaga. Adaptasi juga dilakukan pada beberapa bagian, seperti pemotongan durasi pertunjukan menjadi 90 menit dari biasanya 3 sampai 4 jam.

Source Kompas kompas.id/baca/internasional/2018/11/22/misi-mustahil-kresna
Comments
Loading...