Lembaga Wayang : Paguyuban Wayang Orang Bharata

0 134

Wakil Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata dan Sutradara Kresna Duta, Teguh Ampiranto, mengatakan, keberadaan wayang orang perlu dilestarikan karena merupakan warisan budaya adiluhung. Jumlah paguyuban wayang orang pernah mencapai ratusan. Namun, kini tersisa tidak lebih dari lima paguyuban. Wayang orang, tutur Teguh, sebenarnya sangat diminati oleh orang asing karena estetika dan nilai luhur yang dimiliki. Terakhir, ia pernah mementaskan wayang orang di Jepang dan Belanda sebelum tahun 2000.

Jerman. Prasti mengatakan, pergelaran tersebut merupakan rangkaian kegiatan pementasan wayang orang yang akan dilaksanakan di Jerman pada 2019. Sebanyak 40 pemain wayang orang akan diberangkatkan ke Jerman. Mereka akan dipertemukan dengan 10 diaspora Indonesia yang telah berlatih wayang orang. Dengan total 50 pemain, mereka akan tampil di lima kota, yakni Hamburg, Bremen, Frankfurt, Berlin, dan Muenchen.

Saya harap ini akan menjadi pementasan internasional yang berkelanjutan

ucapnya. Prasti melanjutkan, Jerman dipilih karena ia telah berdomisili di negara tersebut selama beberapa tahun terakhir. Namun, ia berharap pementasan tersebut akan menjadi pintu masuk untuk kembali mempromosikan wayang orang di Eropa. Staf Subdit Diplomasi Budaya Luar Negeri Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Jodi Salahuddin Akbar menambahkan, upaya untuk mengenalkan wayang orang ke dunia internasional merupakan salah satu bentuk diplomasi budaya.

Sesuatu yang membekas akan terus lestari

ujarnya.

Source Kompas kompas.id/baca/utama/2018/11/14/lestarikan-wayang-orang-pemerintah-gandeng-pemerhati-budaya
Comments
Loading...