Lembaga Wayang : Sanggar Wayang Gogon Surakarta

0 169

Sanggar Wayang Gogon begitu ia menamai, sesuai nama pentasnya ketika memainkan satu cerita wayang. Sanggar Wayang Gogon tiap hari memproduksi wayang, tak peduli ada pesanan maupun tidak. Hal ini bertujuan untuk memenuhi permintaan kolektor yang ingin membeli satu set wayang komplet. Maklum, hanya mengandalkan lima sampai tujuh orang tenaga dalam pengerjaannya, satu set wayang bisa memakan waktu hingga dua bulan untuk pengerjaannya.

Proses pembuatan wayang dimulai ketika kulit kerbau yang sudah disamak, dipenteng-dijemur dengan panas matahari dengan cara direntangkan supaya kulit menjadi lebar dan kuat, kemudian diberi pola wayang sesuai tokoh. Setelah itu kulit akan ditatah sesuai pola yang sudah dibuat. Proses selanjutnya adalah pewarnaan dan pemberian gapit dari tanduk kerbau. Semua dikerjakan hanya menggunakan ketrampilan tangan dan menggunakan alat yang tergolong sederhana, namun tetap berkualitas tinggi, tak heran satu tokoh wayang berukuran sedang bisa dihargai ratusan ribu rupiah.

Harga wayang kulit biasanya ditawarkan mulai dari Rp250.000 hingga Rp1,5 juta untuk satu wayang tergantung ukuran dan tingkat kehalusannya. Satu set wayang biasanya dijual seharga Rp100 juta, namun untuk wayang yang sangat halus dan menggunakan cat emas, harganya bisa mencapai Rp200 juta lebih.

Comments
Loading...