Lembaga Wayang : Seni Mustika Yuastina Surabaya

0 50

Keberadaan Komunitas Graha Seni Mustika Yuastiana Surabaya merupakan upaya peningkatan apresiasi masyarakat terhadap perkembangan wayang orang. Kemasan pertunjukannya merupakan salah satu proses yang mencari format pertunjunkan wayang orang yang menyesuaikan perkembangan dan dapat diterima disemua kalangan serta mengusung kosnsep kekinian tanpa meningagal nilai-nilai tradisi. Kualitas gerak tari merupakan faktor penting yang mendukung dari komunitas ini.

Akan tetapi komunitas ini harus memperbaiki kualitas yang lain meliputi;
1) kualitas gerak tari tradisi khusunya tari Surakata,
2) latihan dialog,
3) latihan tembang.

Proses regenerasi penari di Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya bertujuan untuk melestarikan wayang orang sesuai dengan perkembangan jaman. Regenerasi ini mampu mengambangkan tujuan utama sebagai inti pelestari budaya yang telah dilakukan oleh para generasi sebelumnya. Genarasi yang dimaksud yakni para pemuda-pemuda. Dengan beberapa upaya Komunitas dalam pemetasan Wayang Orang, diharapkan nantinya generai bangsa kita lebih mengenali, memahami, dan menghayati budaya dan kreatifitas sendiri.

Selera penonton merupakan pertimbangan utama tanpa harus mengurangi dan mengorbankan kualitas artistik. Penonton saat ini secara tidak langsung sangatlah penting peranannya dalam ikut serta dalam melestarikan kesenian wayang orang. Transformasi pertunjukan Wayang Orang dari kemasan THR menjadi pertunjukan kemasan dari Komunitas Graha Seni Mustika Yuastina Surabaya tidak semata-mata langsung begitu saja. Meskipun banyak orang beranggapan bahwa transformasi ini secara jelas.

Source journal2.um.ac.id journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/download/2185/1287
Comments
Loading...