Lembaga Wayang : Wayang Orang Ngesti Pandawa

0 121

Wayang Orang Ngesti Pandawa merupakan salah satu dari beberapa pertunjukan Wayang Orang di Indonesia yang perlu dipertahankan. Selain merupakan warisan budaya, pertunjukan Wayang Orang yang kerap bercerita mengenai kebaikan dan keburukan dalam kehidupan masyarakat merupakan salah satu cara dalam menjaga nilai-nilai luhur bangsa. Namun dibutuhkan kerjasama untuk mencari cara yang tepat dalam pengembangan pertunjukan Wayang Orang yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan menjadi kebanggaan masyarakat sekitarnya.

Berdasarkan hasil penelitian tim peneliti Unika Soegijapranata yang terdiri dari Prof Ridwan Sanjaya, Dr Rachmad Djati, Ir Tjahjono Rahardjo MA, dan Albertus Dwiyoga MKom,  teknologi informasi bisa menjadi salah satu solusi upaya pelestarian kesenian Wayang Orang secara kreatif dan sesuai perkembangan zaman. TI dapat membuka akses untuk wisatawan dan jejaring yang lebih luas dalam pemasaran, transaksi, dan pertunjukan. Untuk mendukung hal tersebut, Unika Soegijapranata bersama dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) provinsi Jawa Tengah, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan Perkumpulan Wayang Orang Ngesti Pandawa menggelar diskusi panel yang bertajuk “Masa Depan Wayang Orang di Indonesia”, Selasa.

Diskusi menghadirkan narasumber antara lain Prof Ridwan Sanjaya (Ketua peneliti sekaligus Rektor Unika Soegijapranata), Muhammad Neil El Himam (Direktur Fasilitasi TIK BEKRAF), Trenggono (Kabid Pengembangan SDM dan Parekraf Dinas Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata Provinsi Jateng).

Source Berita id.beritasatu.com/home/unika-soegijapranata-ajak-semua-pihak-lestarikan-seni-budaya-melalui-teknologi/169713
Comments
Loading...