Lembaga Wayang : Wayang Orang Sri Katon, Pindah

0 53

Wayang Orang Sri Katon dipindah tempatkan di THR, nama Sri Katon berganti dengan Sriwandowo. Keberadaan wayang orang di Surabaya khususnya Wayang Orang Sriwandowo mempunyai keterkaitan dengan wayang orang yang ada di Solo yaitu Wayang Orang Sriwedari. Sebelum menjadi pemain Wayang Orang Sriwandowo, beberapa pemainnya pernah menjadi pemain Wayang Orang Sriwedari. Wayang Orang Sriwandowo merupakan wayang orang panggung yang komersial.

Dalam perkembangannya kesenian wayang orang banyak mendapat respon positif dari masyarakat Surabaya, sehingga pertunjukan wayang orang dapat menarik minat seniman Surabaya untuk membentuk perkumpulan wayang orang. Terdapat juga gedung pertunjukan yang digunakan sebagai tempat pentas serta perkumpulan wayang orang yang dinamakan Wayang Orang Kapasari, selain itu terdapat beberapa organisasi wayang orang yang bernama Rukun Setyo Utomo, Perbusa (perkumpulan wayang orang yang seluruh anggotanya adalah orang Cina).

Setelah berdirinya perkumpulan Wayang Orang Sriwandowo, berdirilah perkumpulan induk wayang orang yang berada di Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya. THR merupakan tempat pagelaran kesenian untuk menampilkan pertunjukan-pertunjukan kesenian budaya tradisional. Taman Hiburan Rakyat Surabaya atau yang dikenal dengan THR terletak di Jl. Kusuma Bangsa 110 Surabaya. Di THR inilah wayang orang sering dipertunjukkan. Sebuah pagelaran kesenian budaya tradisional yang sangat terkenal dan mendapat respon yang baik dari warga. Saat Wayang Orang di Surabaya mencapai puncak kejayaannya.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...