Lembaga Wayang : Wayang Orang THR, Surabaya

0 74

Wayang Orang THR merupakan komunitas wayang orang di Surabaya yang ada sejak tahun 1950-an. Komunitas Wayang Orang THR telah banyak melahirkan pertunjukan wayang orang yang dijadikan sebagai hiburan oleh masyarakat penikmat seni pertunjukan di Surabaya. Hingga saat ini, seniman Wayang Orang THR tetap mempertahankan nilai-nilai tradisi yang ada pada pertunjukan wayang orang. Wayang Orang THR menyuguhkan pertunjukan dengan menampilkan cerita yang diambil dari Epos Ramayana dan Mahabarata. Selain itu Wayang Orang THR juga menampilkan cerita carangan yang mengambil dari lakon-lakon Epos Ramayana dan Mahabarata. Saat Wayang Orang THR menampilkan cerita carangan yang berjudul

Lahiripun Gatutkaca

pertunjukan ini didukung oleh pemain-pemain wayang orang anak-anak. Ini merupakan telah adanya sistem regenerasi yang dilakukan oleh komunitas Wayang Orang THR meskipun banyak pemain lama yang belum mau digantikan perannya oleh pemain-pemain baru. Dalam pertunjukannya, sebelum masuk pada cerita inti para pemusik memainkan gamelan agar para penonton yang masih ada di luar gedung mengetahui bahwa pertunjukan Wayang Orang THR akan segera dimulai.

Setelah penonton masuk ke gedung, Wayang Orang THR menyuguhkan Tari Remo Bolet sebagai tarian ekstra. Tari Remo Bolet merupakan tari tradisional yang berasal dari Jombang Jawa Timur. Meskipun Wayang Orang THR menganut gaya Surakarta, sang sutradara tetap ingin mengenalkan tari khas Jawa Timur.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...