Lembaga Wayang : Yayasan Mitra Bharata, Wayang

0 233

Yayasan Mitra Bharata (YMB) dan Sekar Budaya Nusantara yang bekerja sama dengan Wayang Orang Bharata. Itu mengapa dalam latihan ikut hadir Yani Arifin dan Enny Sukamto, senior mereka yang aktif di YMB. Sebagian anggota Sekar Puri ada yang baru pertama kali belajar menari Jawa. Ada pula yang mempunyai dasar tari Bali atau tari modern. Ada pula yang telah berpengalaman di pentas pertunjukan, seperti misalnya Ita Arifin, yang pernah pentas bersama Swara Mahardhika Guruh Soekarno.

Ada yang sejak kecil telah berlatih menari seperti Sasri dan Gendis. ”Waktu eyang ulang tahun, saya dan kawan-kawan pernah menari di depan beliau di Taman Mini,” kata Gendis yang adalah cucu dari mantan Presiden RI Soeharto (alm). Sarah Arifin, sama sekali tak kenal tari Jawa sebelumnya. Perempuan berdarah Aceh-Padang ini tertarik menari karena ajakan ibu mertuanya, Yani Arifin, yang aktif di Yayasan Mitra Baratha. Putri Diah Astari Hehuwat juga belum mengenal tari Jawa sebelumnya.

Ia berlatih dan kemudian diajak sang mertua, yakni Enny Sukamto, untuk pentas Roro Mendut dan Srikandi Ngedan. ”Mereka harus banyak berlatih biar ada roso kalau mereka menari di pentas,” kata Enny Sukamto. Roso adalah semacam jiwa, atau greget yang perlu dimiliki penari saat menari. Roso, penghayatan, penjiwaan, yang menyangkut kepekaan jiwa mereka.

Source lifestyle.kompas.com lifestyle.kompas.com/read/2013/01/06/12420931/sekar.puri.komunitas.ibu-ibu.muda.menari
Comments
Loading...