Literatur Pewayangan : Arjuna Sang Pembunuh, Ardian

0 142

Data buku : 

Ardian Kresna ; Arjuna Sang Pembunuh (Sebuah Novel Epos Wayang Jawa. Menyulam Kebajikan Tradisi Sang Leluhur) ; Yogyakarta ; DIVA Press ; Nopember 2009 = cetakan 1 ; ? halaman ; bahasa Indonesia.

Sinopsis :

Seperti yang telah dijanjikan para dewa, atas kemenangannya membasmi keangkara-murkaan Niwatakawaca, Arjuna dinikahkan dengan Dewi Supraba dan enam bidadari yang dahulu pernah menggodanya di Gunung Indrakila. Selama tujuh bulan lamanya, Arjuna menikmati anugerah kemenangan dengan berkesempatan menjadi seorang raja di Kaindran, bergelar Prabu Kariti. Setelah menikmati kebahagiaan sebagai raja di kahyangan, Arjuna turun kembali ke bumi, bergabung dengan saudara-saudaranya di Rimba Kamiaka, menjalani laku karmanya kembali sebagai seorang ksatria yang sedang menjalankan masa hukuman pengasingan dengan dibuang selama tiga belas tahun di bumi pewayangan, mencari keadilan, dan memperebutkan kembali hak-haknya atas tahta Astina.

Para anak mendiang Pandu Dewanata bahu-membahu dalam suka dan duka menjalani kehidupan, berjuang menemukan kebahagiaan yang terampas. Penggemar kisah epos, novel ini sangat nyaman dibaca dan dinikmati bahkan hanya dalam sekali duduk. Mengalir, bak air danau yang tenang, namun di balik kesenyapannya, tersimpan mutiara nilai-nilai kemuliaan dan kegigihan memenangkan kehidupan. Falsafah agung para leluhur ditebarkan begitu lugas dan kaya di sini. Arjuna Sang Pembunuh, sebuah novel epos pewayangan yang sangat inspiratif, berkarakter kuat, dan kaya hikmah kebajikan. Seikat dengan dua novel epos wayang lainnya, Pahlawan Pilihan Kreshna dan Gatotkaca Tanding.

Source wayangpustaka.wordpress.com wayangpustaka.wordpress.com/2012/06/10/arjuna-sang-pembunuh-oleh-ardian-kresna-2009-buku-cerita-novel-wayang
Comments
Loading...