Literatur Pewayangan : Bisma – The Warrior Priest

0 167

Judul : Bisma– The Warrior Priest Of The Mahabharata
Penulis : Satyagraha Hurip
Translated From Indonesia By David Irvine
Published Sinar Harapan 1990
Tebal : 106 Halaman
Bahasa : Inggris
Buku Bekas

Bagi para penggemar kisah Mahabarata tentu tak asing lagi dengan tokoh Bisma dan Basudewa Krisna. Kedua tokoh ini termasuk figur sentral yang banyak memberikan teladan moral.” Bisma Yang Agung” demikian julukan untuk Bisma. Bisma adalah sosok berwibawa yang sangat idealis, taat tradisi, loyal dan komitmen terhadap kebenaran. Demi menjaga Dinasti Kuru, ia bersumpah untuk membujang seumur hidupnya dan mengabdikan diri untuk menjaga dinasti ini.
Ketika Dinasti Kuru melahirkan Pandawa dan Kurawa, Bisma berada di pihak Pandawa. Bisma berharap Pandawalah yang nantinya akan memimpin tahta Hastinapura, memimpin Dinasti Kuru. Saya adalah salah satu pengagum Bisma. Tokoh lain yang saya kagumi adalah Basudewa Krisna. Basudewa Krisna adalah sosok yang cerdas, arif, juga komitmen terhadap kebenaran. Sama seperti Bisma. Basudewa Krisna juga berada di pihak Pandawa.
Sama seperti Bisma dan Basudewa Krisna, Pandawa yang terdiri dari lima pangeran keturunan Pandu adalah sosok yang moralis dan komitmen terhadap kebenaran. Untuk alasan inilah Basudewa Krisna dan Bisma, dua tokoh sakti mandraguna nan kharismatik ini berada di pihak Pandawa Lima.
Source kompasiana.com kompasiana.com/masto/54f685c6a33311b07d8b4f1f/antara-bisma-dan-basudewa-krisna
Comments
Loading...