Literatur Pewayangan : Bisma Warrior Priest of Mahabharata

0 206
Tebal : 106 halaman
Tahun : 1990
Penerbit : Pustaka Sinar Harapan
Judul Asli : Bisma: Warrior Priest of the Mahabharata
ISBN : 9794161020 (ISBN13: 9789794161029)
Edisi : Bahasa Inggris
Bisma akan menjalani hidup di dunia sangat lama. Bhisma hidup dalam tujuh masa pemerintahan kerajaan Astina sejak jaman pemerintahan ayahnya, Prabu Sentanu, kemudian Prabu Citranggada, Prabu Wicitrawirya, Prabu Kresna Dwipayana (Abyasa), Prabu, Prabu Drestarastra dan terakhir Prabu Duryudana. Sebagai generasi ke VI (enam) dari wangsa Kuru, Bhisma juga benar-benar melaksanakan dharma untuk wangsa Kuru, wangsa yang dibangun oleh Prabu Kuru, raja ke21 negara Astina.
Prabu Kuru adalah putra Prabu Sumbarana dengan Dewi Tapati, putri Sanghyang Aditya, dan merupakan generasi ke-5 dari Prabu Hasti, atau keturunan ke-29 dari Bhatara Darma. Prabu Kuru pula yang telah membangun tanah Kurusetra sebagai tempat pemujaan bagi anak keturunannya dan rakyat Astina. Resi Bisma yang waktu mudanya bernama Dewabrata, adalah putra Prabu Santanu, raja negara Astina dengan Dewi Gangga/Dewi Jahnawi. Karena itu ia juga dikenal dengan nama Ganggadata.
Bisma yang sejak lahir ditinggal ibunya, akhirnya disusui oleh Dewi Durgandini. Ia menjadi saudara satu susu dengan Abiyasa, putra Durgandini dengan Palasara. Bisma memiliki watak pribadi ; sangat berbakti kepada ayahnya, sayang kepada keluarganya, memegang teguh segala apa telah dijanjikan. Bisma merelakan tahta negara Astina kepada Dewi Durgandini/Dewi Setyawati.
Source goodreads.com goodreads.com/book/show/1718626.Bisma
Comments
Loading...