Literatur Pewayangan : Buku Jalan Sunyi Ngesti Pandowo

0 113

Bagi yang ingin mengenal kesenian wayang orang Ngesti Pandowo mungkin buku berjudul Jalan Sunyi Ngesti Pandowo ini bisa menjadi pilihan. Kemarin Rabu, (12/9) peluncurannya dilakukan di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, dimeriahkan dialog budaya dan dihadiri pecinta seni. Penulis buku Jalan Sunyi Ngesti Pandowo yang merupakan pensiunan wartawan, Bambang Iss Wirya menjelaskan, buku ini membutuhkan waktu pengerjaan satu tahun.

Saat membuat proyek Ngesti Pandowo kesulitannya karena selama masa-masa pencarian data, riset, dan survei, bahkan narasumber pun seakan masih kurang percaya apakah saya serius akan membuat buku. Maka membuat proses wawancara pun sering terkendala oleh berbagai hal. Interview menjadi tidak intens dan terpenggal-penggal.

Kalau sudah begini saya hanya bisa tercenung. Maka metoda saya adalah melakukan pengamatan akan kejadian dan fenomena yang terjadi di lingkungan Ngesti. Pihak-pihak di sekitar saya baru percaya saya serius, setelah melihat saya sudah mendapatkan sponsor untuk membiayai buku ini

kata Bambang Iss. Tapi untuk sebuah karya dari hasil sebuah pengamatan atau catatan jurnalistik, buku ini tetap bisa penting untuk dibaca orang, terutama bagi mereka yang memiliki ikatan emosional pada seni pewayangan. Atau mereka generasi milenial yang ingin mengetahui jagat seni pertunjukan tradisional. Buku ini bercerita romantika kehidupan para seniman wayang orang. Pahit, getir, ambisi, persaingan, kesetiaan.

Source Tribun jateng.tribunnews.com/2018/09/14/buku-jalan-sunyi-ngesti-pandowo-cerita-perjalanan-wayang-orang-identitas-kota-semarang
Comments
Loading...