Literatur Pewayangan : Buku Tembang Cinta Para Dewi

0 198

Judul: Tembang Cinta Para Dewi – Kumpulan Novelet Wayang
Penulis: Naning Pranoto
Tebal: 141 halaman
Penerbit: Balai Pustaka

Kata Pengantar. Tembang Cinta Para Dewi menyingkapkan pertalian cinta asmara secara manis, puitis, dan indah. Cinta agung dan suci yang memerlukan pengorbanan. Persoalan cinta itu diuraikan secara halus dan terselubung, tetapi dapat ditangkap maknanya oleh hati yang mengerti. Naning Pranoto berhasil mengupas hakekat cinta dan kehidupan bagi pembaca remaja yang sedang berkembang dewasa. Balai Pustaka dengan bangga menyuguhkan karangan yang sangat bernilai dan bermanfaat ini.

Sinopsis. Buku ini berisi empat cerita wayang, yaitu Luka Hati Dewayani, Dendam Pribadi Seorang Dewi, Ketika Srikandi Jatuh Cinta dan Mengejar Bayang-bayang Merah. Sesuai dengan judul bukunya, semua cerita ini merupakan cerita wayang, penggalan dari Mahabharata. Luka Hati Dewayani bercerita tentang perjuangan cinta Dewayani, putri Begawan Sukro, seorang resi yang sakti mandraguna yang merupakan penasehat di Kerajaan Wrishaparwa.

Kerajaan Wishaparwa merupakan kerajaan raksasa. Meski raja dan semua warganya merupakan raksasa, tapi Begawan Sukro dan Dewayani merupakan manusia biasa. Bahkan Dewayani ini cantik sekali, menurut ceritanya. Sayang dia tak bahagia. Dia merasa terkungkung di dalam istana, tak bisa melihat ke dunia luar. Padahal di luar sana, pasti banyak hal menarik yang dipelajari. Iya, Dewayani merupakan putri yang cerdas ingin tahu.

Source carralibrary.wordpress.com carralibrary.wordpress.com/2014/04/07/review-buku-tembang-cinta-para-dewi
Comments
Loading...