Literatur Pewayangan : Di Batas Angin, Yanusa Nugroho

0 207

Judul                   : Di Batas Angin
Pengarang           : Yanusa Nugroho
Penerbit               : Kompas
Tahun Terbit        : 2003
Jumlah Halaman : 94 halaman

“Di Batas Angin” adalah salah satu novel yang sarat akan nilai kehidupan antara kasih sayang kakak beradik. Novel ini menceritakan tentang perpisahan Sumantri dan Sokrasana yang berlansung lama namun ketika mereka dipertemukan, Sokrasana harus meninggal di ujung panah kakak kandungnya sendiri, Sumantri. Novel yang dikarang oleh Yanusa Nugroho ini  menggunakan alur maju sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi cerita dan tidak terkesan membingungkan serta memberikan keunikan tersendiri karena berasal dari dunia pewayangan yang telah melekat dalam diri pengarang.

Selain itu tokoh utama novel ini yaitu Sokrasana dan Sumantri dengan watak protagonis sedangkan lawan mainnya yaitu Prabu Arjunasasra dengan watak antagonis memiliki karakter yang licik menambah kehebatan isi cerita. Yanusa Nugroho yang telah dikenal sebagai “dalang tulis”, dibuktikan dari pengakuan budayawan (alm). Budiardjo. Tidak heran jika novel ini banyak menggunakan bahasa yang baku dan tidak sedikit menggunakan bahasa Jawa seperti “nawala” berarti surat,”caraka” berarti utusan.

Kerajaan Maespati adalah latar yang banyak digunakan dalam novel ini. Kesedihan,ketegangan,keharuan menjadi latar suasana yang sering menghiasi cerita. Hal ini dapat dibuktikan ketika Sumantri melawan Prabu Arjunasasra dan kesedihan yang mendalam ketika Sokrasana meninggal. Novel yang terdiri dari 94 halaman ini menggunakan sudut.

Source Yaniaraneshaharahap's Blog yaniaraneshaharahap.wordpress.com/2010/09/18/resensi-novel-di-batas-angin-karangan-yanusa-nugroho
Comments
Loading...