Literatur Pewayangan : Ebook Serat Sastramiruda

0 219

Serat Sastramiruda

Adalah sebuah karya sastra Jawa berhuruf Jawa dalam bentuk wawancara antara guru ahli Pedalangan Wayang Purwa dan muridnya. Sang Guru ialah Kanjeng Pangeran Arya Kusumadilaga, dan muridnya, Mas Sastramiruda. Nama murid ini diambil menjadi judul bukunya. Tidak ada angka tahun penulisan kitab tersebut, namun dapat diketahui, bahwa KPA Kusumadilaga hidup di jaman Sri Susuhunan Paku Buwana IX yang bertakhta dari tahun 1863 hingga 1893 M.

Di antara tahun-tahun itulah kiranya kitab ini ditulis. Siapakah pengarang atau penyusunanya tidak diperoleh kepastian, apakah KPA Kusumadilaga, apakah Mas Sastramiruda. Hanya pada bagian muka dari Serat Sastramiruda terdapat keterangan bahwa :  “Semua cara-cara menjalankan tugas mendalang dijelaskan dengan lengkap. Cerita itu kemudian disampaikan kepada Raden Mas Panji Kusumawardaya, kerabat keraton di Negeri Surakarta”. Apakah lalu dapat diartikan, bahwa yang menyusun Serat Sastramiruda ini RMP Kusumawardaya, walloh’alam.

“Serat Sastramiruda“ carik (tulisan tangan) terdapat antata lain di Perpustakaan Radyapustaka, Surakarta. Pada tahun 1930 telah terbit yang tercetak dengan huruf Jawa, dijadikan 2 jilid, tetapi jilid keduanya belum pernah kami ketahui (mungkin tidak terbit). Penerbitnya : Uitgeverij en Boekhandel Stoomdrukkerij De Bliksem, Sala. Isi “Serat sastrawiruda“ diterangkan dalam anak-judul buku yang tercetak, yakni : “Ugering Padhalangan ingkang sampun mupakat kangge abdi dalem Dhalang di karaton Surakarta Adiningrat“. Artinya Pedoman Pedalangan yang dibenarkan.

 

Source 4shared.com 4shared.com/get/aqzzxOc-/serat_sastramiruda__bhs_indo_p.html
Comments
Loading...