Literatur Pewayangan : Gemar Wayang, Prof. Suwaji

0 184

Judul : Gemar Wayang
Penulis : Prof. Drs. Suwaji Bastomi
Penerbit : Dahara Prize
Cetakan Kedua 1996
Tebal : 190 Halaman
Buku Bekas

Gemar Wayang, disambut antusias. Para siswa diperkenalkan dengan wayang gaul, Wayang Ajen. Wisata Edukasi ini digelar di Lapang Bakti, Kota Banjar. Tercatat 500 siswa SD dan 500 siswa SMP se-Kota Banjar ambil bagian dari acara ini. Sebagai pemateri, tampil dua dalang Wayang Ajen, Bayu dan Atep. “Wayang adalah budaya lokal yang harus dilestarikan. Dan itu menjadi tugas kita untuk menjaganya,” tutur Atep. Selanjutnya, para dalang memperkenalkan juga tokoh-tokoh dalam pewayangan.

Terutama tokoh Pandawa Lima. “Pandawa Lima adalah lima saudara. Mereka juga saling menolong saat ada masalah. Ini contoh yang harus ditiru adik-adik. Masalah akan terasa ringan kalau semua dikerjakan bersama,” katanya lagi. Atep pun memperkenalkan sosok-sosok dalam Pandawa Lima. Mulai dari Arjuna, Bima dan lainnya. Sosok-sosok ini diperkenalkan dengan wayang golek yang sudah disiapkan di panggung. Sedangkan dalang Bayu memberitahukan bagaimana caranya memainkan wayang golek.

“Wayang Ajen pada dasarnya adalah wayang golek, kesenian khas Sunda. Makanya adik-adik harus mengetahui bagaimana memainkannya,” ujarnya. Dalang Bayu memperagakan bagaimana cara memainkan kepala dan tangan wayang golek. Kegiatan ini semakin menarik perhatian ketika sejumlah siswa diajak memperagakan cara memainkan wayang. Tidak hanya itu, Dalang Bayu juga memperlihatkan bagaimana memainkan.

Source genpinews.com genpinews.com/read/2042/2018/03/18/anak-banjar-gemar-wayang-berlangsung-meriah
Comments
Loading...