Literatur Pewayangan : Guyon Wayang, Peduli Sampah

0 35

Data Buku
Judul : Guyon Wayang, Peduli Sampah Cintai Bumi — buku ke 2
Penulis : Helena J. Kristina
Penerbit : PT Kanisius, Yogyakarta
ISBN : 978-979-21-5872-4
Cetakan : Pertama, 2019
Halaman : 186

Ini dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama dengan Humor Wayang Punakawan yang mengetengahkan 42 artikel, sedangkan bagian ke dua yang sedikit lebih serius mengenai Humor Psikologi Konservasi dengan 10 artikel. Jumlah halaman pada buku ke 2 ini juga lebih tebal. Buku bagian pertama masih dibagi lagi menjadi empat Edisi, Edisi Rumah Hijau Dewi Ambarwati, Edisi Gareng Sang Pemimpin, Edisi Hidangan Istimewa Kampung Hijau Dewi Ambarwati dan Edisi Komunitas Kelas Hijau Punakawan — Bagong Jadi Guru.

Petruk yang mencintai isterinya, Dewi Ambarwati harus menuruti kehendak sang isteri, yakni minta ‘rumah hijau’, dengan konsep Goro-Goro yang selalu ada pada setiap pertunjukan wayang, penulis memasukkan masalah lingkungan dalam guyonan ala wayang agar mudah dicerna oleh para pembacanya. Pada mulanya Dewi Ambarwati ingin menempuh jalur cepat dengan cara meminjam uang kepada Bagong, namun Bagong menasehati Dewi Ambarwati agar menghargai upaya suaminya.

Source Kompas kompasiana.com/sutiono/5c8f6c290b531c49815f4284/resensi-buku-guyong-wayang-peduli-sampah-cintai-bumi-buku-ke-2
Comments
Loading...