Literatur Pewayangan : Hikayat Sri Rama- Sunting

0 172

Judul : Hikayat Sri Rama– Suntingan naskah Disertai Telaah Amanat dan Struktur
Penulis : Achadiyati Ikram
Penerbit : Penerbit Universitas Indonesia
Cetakan 1980
Tebal : 385 Halaman
Buku Bekas

Ayodhya, nama kerajaan yang dipimpin Sri Rama dalam cerita Ramayana. Dibanding Bangkok, mungkin nama Ayutthaya kurang kondang. Bagi yang menyukai peninggalan-peninggalan bersejarah, kota yang berjarak 75 km dari Bangkok wajib dikunjungi. Dari Bangkok, kota ini bisa dijangkau dengan berbagai cara. Bus ber-AC, taksi, atau kereta. Perjalanan hanya berkisar 1,5 hingga 2 jam saja.Jika di kota Bangkok saja sudah panas, di Ayutthaya udara akan lebih panas lagi.

Baiknya gunakan pakaian yang menyerap keringat. Jangan lupa kacamata dan topi. Selain untuk berlindung dari sinar matahari, debu dan semilir angin yang lumayan kencang di Ayutthaya juga cukup mengganggu mata. Nah, di kerajaan ‘Sri Rama’ ini kita bisa melihat berbagai macam peninggalan sejarah. Mulai dari kuil Wat Pananchoeng Wirowan yang berusia 700 tahun, pagoda Suroyathai, Kuil Chaiwattanaram, dan Pudthai Swan. Masing-masing kuil itu memiliki sejarah tersendiri, mengiringi berkembangnya kota Ayutthaya.

“Kota ini merupakan tempat perpaduan berbagai agama Islam, Budha, dan kristen. Sejak dahulu semua hidup rukun di sini” kata pemandu wisata Gok saat menemani perjalanan di Ayutthaya, Thailand. Kuil Pananchoeng biasa dikunjungi Raja-raja Thailand pada hari besar keagamaan. Alkisah kuil ini dibangun sebagai persembahan raja.

Source news.detik.com news.detik.com/berita/818652/menengok-kerajaan-sri-rama
Comments
Loading...