Literatur Pewayangan : Kakawin Bharata – Yuddha

0 244

Kakawin Bharata-Yuddha by Mpu Sĕdah, Sutjipto Wirjosuparto. Paperback: 395 pages. Publisher: Penerbit Bhratara, 1968

Kakawin Bharatayuda kuno ini Kakawin ini digubah oleh dua orang yaitu: mpu Sedah dan mpu Panuluh. Bagian permulaan sampai tampilnya prabu Salya ke medan perang adalah karya mpu Sedah, selanjutnya adalah karya mpu Panuluh. Konon ketika mpu Sedah ingin menuliskan kecantikan Dewi Setyawati, permaisuri prabu Salya, ia membutuhkan contoh supaya dapat berhasil. Maka putri prabu Jayabaya yang diberikan kepadanya. Tetapi mpu Sedah berbuat kurang ajar sehingga ia dihukum dan karyanya harus diberikan kepada orang lain.

Tetapi menurut mpu Panuluh sendiri, setelah hasil karya mpu Sedah hampir sampai kisah sang prabu Salya yang akan berangkat ke medan perang, maka tak sampailah hatinya akan melanjutkannya. Maka mpu Panuluh diminta melanjutkannya. Cerita ini disebutkan pada akhir kakawin Bharatayuddha. Menurut suryasangkala yang terdapat pada awal kakawin ini, karya sastra ini ditulis ketika (tahun), sanga-kuda-śuddha-candramā. Sangkala ini memberikan nilai: 1079 Saka atau 1157 Masehi, pada masa pemerintahan prabu Jayabaya.

Persisnya kakawin ini selesai ditulis pada tanggal 6 November 1157. Kitab / kakawin ini masih dapat ditemukan sampai sekarang ini dikarang oleh Empu Sedah, seorang abdi dalem istana Kediri. Dia menggubah kitab ini pada tahun 1079 Saka atau 1157 Masehi, dengan sengkalan sanga kuda suddha candrama. Tapi tenyata Tuhan tak meluluskan.

Source bukuwayang.wordpress.com bukuwayang.wordpress.com/2013/01/14/kakawin-bharat
Comments
Loading...