Literatur Pewayangan : Komik Wayang Hanoman Lahir

0 282

Kelahiran Anoman dalam agama Hindu berikut ini sekedar cuplikan dari berbagai kisah yang ada,semoga banyak membantu khasanah wawasan kita tentang sejarah atau dongeng tentang Hanoman itu sendiri. Alkisah Hiduplah seorang Raksasha bernama Ravana. Raksasha itu menjadi sangat sakti karena ia keturunan raja dari para Raksasha dan seorang Rishi yang suci. Bersama saudara-saudaranya dan anak-anaknya ia membuat sebuah kerajaan yang kuat, dan siap melebarkan sayap kerajaannya.

Tetapi kekuatan bala pasukannya masih kalah kuat dengan kekuatan Kartavira Arjuna (Arjuna Sasrabhawu), raja dari para manusia yang dikenal sebagai avatara Vishnu bertangan seribu. Selama ada Kartavira Arjuna, Ravana tidak bisa berbuat apa-apa. Tetapi peruntungan segera beralih. Kartavira yang ditakuti akhirnya tewas terbunuh oleh Parashu Rama yang notabenenya juga Avatara Vishnu. Maka kini Ravana leluasa melebarkan sayap kerajaannya bahkan hingga menyerang kerajaan para dewa! 

Kocar-kacir dikalahkan telak oleh para raksasha, para dewa lari ke hadapan Sri Vishnu, memohon agar membantu mereka membinasakan Ravana. Vishnu bersedia membantu, asalkan Siwa juga mau membantunya, karena Ravana adalah seorang pemuja Siwa. Maka Siwa pun juga bersedia menurun ke dunia membantu penjelmaan Vishnu di dunia. Nah dari sinilah sebenarnya Ramayana dimulai. Begitu juga dengan kelahiran Hanoman bagi sebagian orang. Tetapi apakah benar demikian? Sebelum itu, di suatu tempat yang lain.

Source bukalapak.com bukalapak.com/p/hobi-koleksi/buku/komik/2cggib-jual-komik-wayang-hanoman-lahir-ab
Comments
Loading...