Literatur Pewayangan : Manteb Soedharsono Pemikiran

0 25

Dalam buku yang berjudul Ki Manteb Soedharsono: Pemikiran dan Karya Pedalangannya ini, Ki Manteb Soedharsono dikaji dari tiga aspek:
(1) aspek genetik
(2) aspek objektif, dan
(3) aspek afektif

Aspek genetik berkaitan dengan latar belakang kesenimanan dan konsep pakelirannya; hal ini ditulis sendiri oleh Ki Manteb Soedharsono dengan judul Seni Pedalangan Sebuah Autokreasi. Aspek objektif berkaitan dengan struktur dan tekstur pertunjukan wayang kulit sajian Ki Manteb Soedharsono, ditulis oleh Sugeng Nugroho dengan judul Bima Bangkit: Sanggit dan Garap Pakeliran Manteb Soedharsono. Adapun aspek afektif berkaitan dengan tanggapan pengamat wayang terhadap pakeliran Ki Manteb Soedharsono, ditulis oleh Bambang Murtiyoso dengan judul Ki Manteb Semakin Mantap.

Kompleksitas pembahasan dari buku ini setidaknya memberikan wawasan bagi kita mengenai liku-liku perjalanan seorang dalang menuju puncak popularitasnya. Bahkan kita dapat memetik pelajaran berharga dari seorang Manteb yang bermurah hati membeberkan konsep autokreasinya dalam mewujudkan pakeliran yang hidup dan berjiwa. Kita juga mendapatkan perspektif sanggit dan garap pakeliran Ki Manteb Soedharsono yang dikupas tuntas oleh Sugeng Nugroho.

Terakhir, bahwa paradigma kritik pedalangan Ki Manteb Soedharsono yang dikemukakan Bambang Murtiyoso memberikan peneguhan signifikan bagi pembangunan jagat pedalangan Indonesia. Selamat membaca! Surakarta, Februari 2015.

Source docplayer.info docplayer.info/56814222-Ki-manteb-soedharsono-pemikiran-dan-karya-pedalangannya.html
Comments
Loading...