Literatur Pewayangan : Mencari Komik Wayang RA

0 86

Melihat beberapa pelajar teladan yang tampaknya memiliki uang saku besar memborong beberapa buku komik wayang karya RA Kosasih. Sebagai anak kampung, wayang tentu menjadi favorit saya. Bahkan saya hampir ingat semua tokoh wayang maupun cerita wayang yang ada, karena saat itu keluarga kami berlangganan majalah berbahasa Jawa

Joyoboyo

yang rutin memuat cerita bersambung mahabarata. Saya pun hampir selalu menonton setiap ada pergelaran wayang kulit di kampung kami. Tapi tentang komik yang bercerita tentang wayang, saya baru pertama kali itu melihatnya. Terus terang saya pengin juga membeli dan membaca komik tersebut tapi saya nggak punya uang jadi saya harus mengubur jauh-jauh keinginan itu. Waktu terus berjalan, setelah menikah di tahun 2000 kami sempat melihat ada komik wayang RA Kosasih yang dijual di Gramedia.

Bedanya, formatnya sekarang seperti komik-komik Jepang dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sayang, saat itu saya tidak bersemangat membelinya karena serialnya tidak komplet. Bulan yang lalu saya coba mencari-cari di google, iseng-iseng mencari tahu kalau komik wayang karya RA Kosasih itu masih ada yang menjualnya. Saya berniat membelinya untuk dibaca oleh anak-anak saya selama masa liburan ini. Eureka. Lewat google akhirnya saya menemukan berita bahwa ternyata di Bandung masih ada toko buku lama yang menerbitkan sekaligus menjualnya, namanya Maranatha.

Source Kompas kompasiana.com/osakurniawanilham/54fff7d1a33311156e50f84e/mencari-komik-wayang-ra-kosasih
Comments
Loading...