Literatur Pewayangan : Penciptaan Ilustrasi Wayang

0 81

Cerita Panji sendiri merupakan cerita yang berasal dari kediri dan berkembang di Malang berkat peran Bupati Malang Raden Suryodiningrat yang mengajak para pejabat untuk membentuk sebuah kelompok Wayang Topeng didalam pendopo kadipaten. Waktu itu yang mengajarkan namanya Kanjeng Suryo yang masih memiliki keturunan dari Majapahit, salah satu muridnya disana ada yang namanya Gurawan. Gurawan ini merupakan seorang kurir pengantar surat dari nyonya Belanda didaerah Kalisura Lawang, setelah itu nyoya Belanda mengetahui bahwa Gurawan mampu menari Topeng dan dibelikanlah seluruh perlengkapan untuk membuat kelompok Wayang Topeng di Kalisura Lawang.

Kemudian dia berpindah ke Bangelan Klomengan Gunung Kawi, disana Gurawan membentuk kelompok Wayang Topeng di Kalisura Lawang. Kemudian dia berpindah ke Bangelan Klomengan Gunung Kawi, disana Gurawan membentuk kelompok Wayang Topeng baru yang dimana anggotanya terdiri dari beberapa daerah termasuk daerah Kedungmonggo yang diwakili oleh Mbah Serun yang pertama kali belajar dan mengajarkan kesenian Tari Topeng di Kedungmonggo dan dilanjutkan oleh mbah Kiman, Mbah Karimun, Taslan lalu mas Handoyo sampai saat ini.

Source media.neliti.com media.neliti.com/media/publications/246583-penciptaan-buku-ilustrasi-tari-topeng-pa-120a9f6d.pdf
Comments
Loading...