Literatur Pewayangan : Putera Pandawa Lima Jilid 1

0 253
Putera Pandawa Lima Jilid 1-4 R. A. Kosasih Anelida

Pancawala atau kadang disebut dengan Pancakumara adalah sebutan untuk lima orang putra Drupadi dari hasil pernikahannya dengan 5 pandawa dalam wiracarita Mahabharata. Istilah Pancakumara berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu “panca ” yang bermakna lima dan “kumara” yang bermakna putra.

 Nama kelima orang Pancawala yang dilahirkan oleh Drupadi tersebut adalah:

  1. Pratiwindya putra Yudistira
  1. Sutasoma putra Bima
  1. Srutasena putra Arjuna
  1. Satanika putra Nakula
  1. Srutakerti putra Sahdewa

Kisah kelahiran anak-anak pandawa tersebut tidak pernah disebutkan secara mendetail. Pada Serial Mahabharata juga demikian. Mereka muncul pertama kali pada episide 180. Konon pada masa pengasingan Drupadi dan Pandawa ke hutan, anak anak Drupadi dititipkan ke Raja Drupada di Kerajaan Panchala. Tidak pernah disebutkan kelahiran mereka ini terjadi saat pengasingan di hutan atau ketika masih di Indraprasta. Pada episode 180 Mahabharata dikisahkan saat itu Drupada, Srikandi, dan Drestadyumna yang membawa anak-anak Drupadi yang sudah dewasa mengunjungi kerajaan Raja Wirata untuk menemui kelima Pandawa dan Drupadi.

Pratiwindya anak Yudhistira, Sutasoma anak Bima, Satanika anak Nakula, Srutasena anak  Arjuna dan Srutakerti anak Sadewa mencari ibu mereka Drupadi untuk mendapatkan restu. Pandawa ikut senang dengan pertemuan anak-anak mereka. Anak-anak mereka berkomitment untuk ikut berperang membela kehormatan ibu mereka. Saat perang di Kuruhsetra, anak-anak Pandawa bertarung.

Source bukalapak.com bukalapak.com/p/hobi-koleksi/buku/komik/390umr-jual-putera-pandawa-lima
Comments
Loading...