Literatur Pewayangan : Rahwana Putih, Teddy Rusdy

0 336

Buku “Rahwana Putih” oleh Sri Teddy Rusdy menjelaskan tentang Keagungan Cinta bukan menjelaskan cerita Ramayana itu sendiri. Meski saya pribadi ngga terlalu paham apa dibalik Sastrajendra hayuningrat pangruwating diyu dan Cinta Rahwana itu, namun penggambaran lakon Rahwana dalam buku ini sangat fokus kepada Keagungan Cinta itu sendiri. Jadi, ini bukan cerita Ramayana lengkap dan saya merasa sangat beruntung telah tuntas membaca buku ini. 

Dalam cerita kali ini, ada beberapa hal yang akan saya tulis sepengetahuan saya tentang Ramayana dan hal – hal yang saya dapat setelah membaca buku ini. Cerita pada intinya hanya perjalanan lakon – lakon yang akan tersirat berbeda pada setiap pembawa cerita itu, apalagi pendengar atau pembaca ceritanya. Nah, dalam buku ini sangat fokus menjelaskan rasa dan “menggambaran hati” yang menurut saya menggunakan tatacara yang berbeda dengan penulisan kisah Rahwana (dalam Ramayana) pada buku lainnya.

Kemungkinan, penulis juga pada awalnya sangat teliti memperkirakan dan memastikan lakon Rahwana (khususnya) yang memiliki sisi Keagungan dalam “sifat gelap” yang telah diperkirakan banyak orang. Pertanyaan – pertanyaan kritis seperti “Mengapa tidak Rama Wijaya saja yang datang padaku, kenapa harus Ia mengutus Hanoman…..(Shinta)” dan hal lainnya sangat mendukung pembaca untuk memikirkan dan men-detektif-kan Keagungan Cinta yang dibawa pada kehidupan Prabu Rahwana. Pada bagian – bagian itulah.

Source Crita pamujiku.wordpress.com/2014/04/18/cerita-buku-rahwana-putih
Comments
Loading...