Literatur Pewayangan : Ramayana, Wawan Susetya

0 168

Judul     : Ramayana
Penulis  : Wawan Susetya
Penerbit : Narasi
Tebal     : 228 halaman
Cetakan : Pertama, 2008
ISBN     : 979-168-101-5

Ramayana merupakan salah satu epos besar dari India yang dikarang oleh Resi Walmiki. kebanyakan orang mengenal Ramayana sebagai sebuah kisah yang menceritakan kisah cinta antara Rama dan Sinta yang dijahili oleh pihak ketiga: Rahwana. Anggapan ini yang menjadikan karya adi luhung ini justru terpelosok dalam kedudukan setara kisah Laila Majnun dan Romeo dan Juliet. Cukup disayangkan! Namun itu hanyalah pandangan dari permukaan saja.

Jika kita mau lebih mendalam mengikuti kisah Ramayana, tentu bukan hanya kisah cinta saja yang terekam. Banyak sekali pelajaran luhur dalam karya ini. Salah satunya adalah kebaktian dan kesetiaan adik Prabu Rama Wijaya, Laksmana. Dikisahkan, di tengah hutan Dhandaka, muncul seekor kijang kencana yang sangat menarik perhatian Dewi Shinta sehingga ia meminta kepada Prabu Rama untuk menangkap kijang kencana itu, yang tak lain adalah jelmaan Kala Marica, utusan Dasamuka.

Melalui kijang kencana itu, Dasamuka berencana memisahkan antara Rama dan Shinta supaya ia dapat dengan mudah menculik Shinta untuk dijadikan pendamping hidupnya. Sebagai suami yang penyayang, tentu Rama tidak mengabaikan permintaan istrinya.  Ia segera mengejar kijang kencana itu ke hutan, menjauhi gubuk tempat tinggal mereka. Sebelum Rama pergi, ia sempat berpesan kepada adiknya, Laksmana, jangan meninggalkan.

Source pohonkataumara.blogspot.co.id pohonkataumara.blogspot.co.id/2015/04/review-buku-ramayana.html
Comments
Loading...