Literatur Pewayangan : Rupa & Karakter Wayang Purwa

0 216

Wayang bukan sekadar fantasi, tetapi juga tuntunan hidup. Sebagian orang menonton wayang sebagai pelarian karena takut akan kenyataan hidup yang kejam dan tidak menyenangkan; untuk melupakan beban hidup sejenak, lalu “fly” atau “sakau” dengan menciptakan dunia yang lebih indah di alam fantasi. Hal itu tidak ubahnya seperti madat candu. Wayang adalah terapi psikologis sekaligus sebagai penguat rohani. Tidak salah maka di dalam wayang hal-hal yang kejam dan sadis sesekali perlu juga disampaikan.

Mengingat bahwa di dunia nyata ada hal-hal yang sadis dan lebih kejam lagi. Buku Rupa & Karakter Wayang Purwa ini merupakan buku paling lengkap yang berbicara tentang wayang. Membahas seluruh tokoh dan karakter wayang, dari tokoh-tokoh dewa-dewi di kayangan, tokoh-tokoh Ramayana, hingga tokoh-tokoh Mahabharata. Buku ini bagaikan kitab suci tentang wayang yang mencapai ketebalan 1.172 halaman! Para penulisnya (Heru S Sudjarwo, Sumari, dan Undung Wiyono) telah mempersiapkan kitab ini selama 10 tahun! di mana setiap halamannya dihiasi dengan gambar tangan yang luar biasa indah dan orisinil dari penulis sendiri.

Tak pelak, buku ini dikerjakan dengan penuh cinta, darah, keringat, dan juga bunga. Selain melalui riset yang panjang, dalam penulisan buku ini para penulis sengaja bekerja sama dengan pusat aktivitas, komunitas, serta sumber literatur pewayangan. Mereka pun bahkan menemui para dalang kondang.

Source goodreads.com goodreads.com/book/show/8430472-rupa-dan-karakter-wayang-purwa
Comments
Loading...