Literatur Pewayangan : Sejarah Wayang, Mertosedono

0 160

Judul Buku : Sejarah Wayang
Penulis : Amir Mertosedono SH
Penerbit : Dahara Prize, Semarang
Tahun Terbit : 1994
Cetakan : Keempat
Tebal Buku : 116 halaman

Wayang merupakan seni budaya bangsa indonesia, lahir dan berkembang sejak jaman raja-raja di jawa. Sebagai kebudayaan yang mengandung nilai sejarah dan falsafah, perlu kiranya mendapatkan perhatian dan serta pembinaan. Ajaran-ajaran di dalamnya mencerminkan watak perilaku manusia, sehingga sangat efektif sebagai sarana penerangan, pendidikan, dan hiburan. Awalnya wayang dikatakan sebagai hasil kreasi atau kebudayaan Hindu. Setelah diadakan penelitian secara seksama, ternyata merupakan hasil kreasi atau kebudayaan asli orang jawa (bangsa indonesia). Istilah-istilah tekniknya berasal dari orang jawa murni. Jadi kurang tepat kalau orang mengatakan, bahwa istilah-istilah wayang berasal dari Hindu. Dalam kasusasteraan jawa kuno, ada.

Kelebihan Buku :
Buku ini dijelaskan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Penulis juga menjelaskan secara detail mulai dari asal-usul wayang, silsilah wayang, perlengkapan saat pertunjukan wayang, sekilas cerita tentang wayang, hingga pendeskripsian ciri-ciri beberapa wayang terkenal yang mewakili ratusan wayang yang ada di Indonesia. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan terdapat penjelasan untuk kata-kata yang sulit dimengerti/kata-kata asing.

Kekurangan Buku :
Ada beberapa penulisan kata yang tidak baku, tanda baca kurang tepat dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih bewarna hitam putih.

Source alfinikmah.blogs.uny.ac.id alfinikmah.blogs.uny.ac.id/2017/09/16/resensi-buku-sejarah-wayang
Comments
Loading...