Literatur Pewayangan : Silsilah Wayang Purwa Mawa Carita

0 310

Silsilah Wayang Purwa Mawa Carita Jilid 1 ~ 7
Karya S. Padmosoekotjo

Ebook wayang, wayang purwa Jawa, S Padmosoekotjo, penerbit Citra Jaya, silsilah wayang, silsilah para dewa, Astabrata, silsilah Mahespati, patih Suwanda, Sumantri, Sukasrana, Dasamuka, Ramaparasu, Resi Gotama, Anjani, Subali, Sugriwa, Hanuman, Trigangga, Lokapala, Resi Wisrawa, Prabu Wisrawana.

Boleh dikata tujuh jilid buku ini merupakan ‘ensiklopedi tokoh wayang‘ yang lebih banyak menceritakan tokoh-tokoh dan peristiwa di sekitarnya menurut serat-serat / buku-buku wayang versi Jawa, di samping – tentu saja – merujuk ke cerita wayang dari India. Nilai lebih dari buku ini adalah lengkapnya rujukan penulis ke berbagai serat maupun cerita lisan , sehingga penulis bisa menceritakan suatu tokoh atau peristiwa dari berbagi versi rujukan. Penulis menyatakan bahwa tujuh jilid buku ini disusunnya berdasarkan buku, majalah yang dibacanya (termasuk juga mendengarkan cerita pedhalangan dari radio atau pentas wayang) sejak sebelum tahun 1930.

Padahal tujuh jilid buku ini disusun antara tahun 1979 ~ 1982. Jadi penyusunan bahan selama 50 tahun (baca : lima puluh tahun). Suatu komitmen yang tinggi untuk berbagi ke pembacanya dengan teliti. Periksalah Daftar Pustaka yang dipakai beliau untuk menyusun buku-buku ini :

  1. Ramayana abasa Jawi kina – Empu Yogiswara 
  2. Uttarakanda abasa Jawi kina 
  3. Hariwangsa abasa Jawi kina – Empu Panulus.
  4. Bharatayuddha abasa Jawi kina – Empu Sedah.
  5. Tantu Panggelaran abasa Jawi tengah 
  6. Adiparwa abasa Jawi
Source wayangpustaka02.wordpress.com wayangpustaka02.wordpress.com/2011/06/15/122
Comments
Loading...