Literatur Pewayangan : Srikandi Belajar Memanah

0 220

Identitas Buku
Judul            : Srikandi Belajar Memanah
Penulis         : Sunardi D.M.
Penerbit        : Balai Pustaka
Cetakan 1     : 1978
Cetakan 2     : 2000
Jml halaman : 208 halaman

Buku yang ditulis oleh Sunardi ini mengisahkan tentang sepenggal dari kisah mahabharata versi jawa, dimana di dalam kisah ini di tambahkan beberapa tokoh pendukung seperti para punakawan, semar, petruk, dan gareng. buku ini mengisahkan tentang siapa sesungguhnya Srikandi, sampai akhirnya dia menjadi seorang putri prajurit serta menjadi istri Arjuna. Di dalam buku ini ada bagian yang saya suka, tentang bagaimana Sunardi sebagai penulis menghadirkan kelucuan dari para punakawan di dalam kisah ini :

Kemarahan Arjuna Pindah ke Semar. Hati  Arjuna  menjadi  sedemikian  bingungnya  sehingga  ia  tak  tahu  harus berbuat  apa.  Akhirnya ia  memindahkan kemarahannya  kepada  Ki  Lurah  Semar.  Ditinggalkannya  istrinya  yang berada di  kamar  itu.  Ia  kembali  ke  taman  mencari Semar. Waktu  itu  Ki  Lurah  Semar  sedang  enak-enak makan dengan  lahapnya  jajan  pasar,  yaitu  nasi lengkap  dengan  lauk pauk  dengan  penganannya  lengkap. Ketika  anaknya,  yaitu  Gareng, Petruk, dan Bagong meminta bagian tidak diberinya.

Ki Lurah Semar ternyata telah memborong makanan yang berada  di  warung  dekat  Taman Maduganda,  dengan jaminan cincin yang diterimanya dari Dewi Rarasati. Semar  makan  makanan  tersebut  di  tengah-tengah  pintu taman.  Dinikmatinya  benar-benar makanan  yang dikunyahnya itu sedikit demi sedikit. Habis mengunyah.

Source bacain-buku.blogspot.co.id bacain-buku.blogspot.co.id/2014/10/download-ebooks-novel-srikandi-belajar-memanah.pdf.html
Comments
Loading...