Literatur Pewayangan : Tembang Cinta Para Dewi, Kisah

0 43

Judul : Tembang Cinta Para Dewi
Penulis : Naning Pranoto
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun Terbit : 1987 (Cetakan Pertama)
Jumlah Halaman : 140
ISBN : 979-407-070-X

Dalam kisah cinta dunia wayang, salah satu yang terpatri di ingatan semua orang, pastinya lakon percintaan abadi Rama – Shinta. Sebuah kisah percintaan yang berasal dari India dan disadur pujangga Jawa melalui kakawin Ramayana.  Cerita yang memuat perebutan seorang gadis bernama Dewi Shinta, antara Sri Rama dengan Rahwana, maharaja Alengka. Selain itu, dari epos Mahabharata sendiri, melalui kisah Pandawa dan Kurawa, kurang begitu terdengar gaungnya.

Hanya menyisakan jalan berliku dari Arjuna sebagai sosok playboy yang dikelilingi perempuan cantik dari berbagai kalangan, baik manusia maupun dewata. Atau di pedalaman Jawa, masih terdengar tentang kisah perwayangan dewa Kamajaya dan Kamaratih yang sangat melegenda hingga kini. Dalam novel Tembang cinta para Dewi yang dituliskan kembali oleh Naning Pranoto berdasarkan kisah asli perwayangan dari berbagai versi. Terdapat empat kisah dari dua zaman berbeda, yakni jauh sebelum era Pandawa – Kurawa dan pada masa perang Bharatayuda.

Source kompasiana.com kompasiana.com/roelly87/5510fd95a333118b37ba937c/tembang-cinta-para-dewi-kisah-cinta-yang-getir-dari-dunia-wayang
Comments
Loading...