Literatur Pewayangan : Tripama Watak Satria dan Sastra Jendra

0 418

Data buku :
Sri Mulyono  ;  “Tripama, Watak Satria dan Sastra Jendra“  ;  Jakarta  ;  Gunung Agung  ;  1987 = terbitan kedua , (1978 = terbitan pertama)  ;  ISBN 979-412-034-0  ;  143 halaman  ;  bahasa  Indonesia

Tripama watak satria dan sastra jendera adalah watak luhur yang perlu diteladani dan merupakan ajaran suci atau ilmu luhung yang berdasarkan ajaran Ketuhanan Yang Maha Esa. Ajaran ini merupakan rahasia agama yang dapat menyelamatkan umat dan dunia semesta. Buku ini merupakan Seri Wayang 9, yang tidak lepas dari Seri Pustaka Wayang lainnya seperti Wayang Dan Karakter Manusia. Wayang Dan Karakter Wanita serta Apa Dan Siapa Semar.
Buku Seri Pustaka Wayang 9, merupakan kumpulan pandapat dari para pembaca terhadap Sayembara tentang penulisan Tripama, yaitu suatu penulisan untuk menetapkan mana yang lebih pantas dan menonjol sifat Kepahlawanan dan satria-utama dari satria dalam Tripama yaitu Sumantri, Kumbakarna dan Basukarna, yang dihimpun oleh Ir. Sri Mulyono Djojosupadmo. Dalam meninjau buku ini dipakai tinajauan filosofis dan psikologis dan juga dari segi mistik.
Bahkan sebagai akhir dari pembahasan dicoba mengupas tentang apa sebenarnya Sastra Jendera itu, yang sampai melahirkan Rahwana (si angkara murka), Kumbakarna, Sarpakanaka dan Gunawan Wibisana. Sastra Jendra mampu menggegerkan serta membuat tabu dalam dunia pewayangan pada umumnya dan dunia spiritual khususnya. Mengapa tokoh wayang Karna dijadikan sebagai teladan oleh Tripama atau Sri Mangkunegara IV.
Source mediafire.com mediafire.com/?d919y5s011soopk
Comments
Loading...