Literatur Pewayangan : Warisan Budaya Wayang Kulit

0 72

Dari tahun ke tahun kebudayaan Indonesia semakin terkikis, semakin lama makin hilang padahal itu semua adalah kekayaan adat Indonesia. Sekarang sulit sekali ditemukan diantara anak-anak bangsa yang mengenal budaya sendiri, bisa dikatakan, anak-anak bangsa jaman sekarang sudah dihanyutkan dengan globalisasi yang terlalu deras melanda Indonesia. Seharusnya kita lebih menyaring budaya yang masuk, supaya tidak bersinggungan dengan budaya sendiri.

Tapi sekarang, banyak anak-anak bangsa yang malu mengakui bangsa dan negaranya, bahkan mereka menertawakan budaya-budaya Indonesia yang mereka anggap aneh, kuno, ketinggalan jaman, dsb. Salah satu contohnya adalah kebudayaan wayang kulit. Wayang kulit adalah suatu budaya yang mengajarkan banyak pelajaran-pelajaran hidup manusia di dunia. Wayang penuh dengan nilainilai norma, filsafat hidup, kemuliaan, keagungan, dll. Hal ini sepatutnya yang harus banyak di mengerti oleh masyarakat Indonesia termasuk anak-anak bangsa. Maka dari itu penulis membuat tulisan dengan judul

Perancangan Buku Warisan Budaya Wayang Kulit Indonesia

Tujuan penulis adalah ingin memberikan pengetahuan seluas-luasnya tentang wayang kulit kepada masyarakat Indonesia, selain untuk melestarikan budaya wayang kulit Indonesia dalam media cetak seperti buku. Kekompleksitasan Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki lingkungan geografis. Dari lingkungan geografis itulah membuat Indonesia menjadi salah satu faktor utama terbentuknya aneka macam suku bangsa, budaya dan bahasa. Historisnya, Indonesia punya warisan.

Source A academia.edu/28730646/Perancangan_Buku_Warisan_Budaya_Wayang_Kulit_Indonesia
Comments
Loading...