Literatur Pewayangan : Wayang PandawaXKurawa

0 111

Kerajaan Hastinapura dipimpin raja yang cakap dan rupawan bernama Prabu Sentanu. Prabu Sentanu beristrikan Dewi Ganggawati. Akan tetapi, karena satu hal yang tak bisa Prabu Sentanu mengerti, Dewi Ganggawati meninggalkan Prabu Sentanu dan anak semata wayangnya, Dewabrata. Prabu Sentanu sedih teramat dalam dengan kepergian Dewi Ganggawati. Terlebih lagi Dewabrata masih terlalu kecil dan masih butuh bimbingan seorang ibu. Kesedihan itu tidak membuat Prabu Sentanu menyia-nyiakan Dewabrata.

Dewabrata tetap mendapatkan pendampingan dan didikan ayah baik dan bertangung jawab. Mencari Semerbak wangi. Suatu hari, Prabu Sentanu mendengar sebuah kabar bahwa di sekitar Sungai Yamuna sering tercium wangi semerbak. Untuk memenuhi rasa penasarannya, Prabu Sentanu pergi mendatangi Sungai Yamuna. Sesampainya di sana, Prabu Sentanu mencium wangi yang begitu semerbak. Ia mencari sumber wangi tersebut. Prabu Sentanu tak menyangka jika wangi semerbak itu berasal dari tubuh seorang perempuan yang bekerja sebagai tukang getek untuk menyeberangkan orang di Sungai Yamuna.

Prabu Sentanu menyapa perempuan tersebut dan berkenalan. Perempuan itu bernama Durgandini, anak angkat seorang nelayan miskin bernama Dasabala. Karena jatuh hati, Prabu Sentanu memberanikan diri melamar Durgandini. Durgandini tidak langsung menerima lamaran Prabu Sentanu. Ia berdiskusi dengan ayah angkatnya. Setelah berdiskusi dengan ayahnya, Durgandini menemui Prabu Sentanu.

Source Kompas kompasiana.com/kompascom/5ad9b9b2f13344498b0cad55/audio-wayang-pandawaxkurawa-hadir-di-kompas-com-23-april-2018
Comments
Loading...