Lukisan Wayang : Tampah Alternatif Medium Lukis

0 258

Tampah media alternatif untuk melukis. Tekstur tampah yang terbuat dari bambu yang berserat ternyata sangat cocok sebagai salah satu media lukis. Terlebih bentuk tampah yang melingkar dengan berbagai corak anyaman menambah nilai artistik dari lukisan itu sendiri. Baginya, tampah tak sekedar perabot rumah tangga, tapi sebuah karya seni.

Syukur-syukur sekalian mensosialisasikan tampah agar banyak dipakai kembali oleh masyarakat. Sebab penggunaan tampah saat ini makin tergusur oleh perabot berbahan plastik atau logam karena memang lebih awet

kata Djoko, Minggu (30/10/2016). Selain sebagai upaya mempertahankan eksistensi tampah, media tersebuit dipilih juga karena ramah lingkungan dan tentunya lebih murah dari kanvas. Tampah juga mudah ditemukan di banyak pasar-pasar tradisional. Dengan sedikit imajinasi, tak hanya untuk media lukis, sambung Ki djoko, tampah bisa diubah menjadi hasil seni yang mempunyai nilai artistik tinggi. Satu hal yang unik, dalam 30 tahun kterakhir hidupnya yang didedikasikan dalam dunia lukis, Djoko konsisten hanya melukis tokoh-tokoh pewayangan saja, terutama tokoh Semar.

Dalam tiga dekade tersebut, ribuan karya telah dihasilkan. Ia juga pernah mendapat rekor MURI saat melukis lukisan semar terkecil serta lukisan wajah semar terbanyak. Di masa senjanya saat ini, pria kelahiran 1953 tersebut sejak beberapa bulan pulang ke tanah kelahirannya dan membuka sanggar lukis dan menyalurkan bakatnya kepada anak-anak sekitar rumahnya.

Source krjogja.com krjogja.com/web/news/read/14219/Makin_Tersisih_Tampah_Jadi_Alternatif_Medium_Lukis
Comments
Loading...