Museum Wayang : Berwisata ke Museum Wayang

0 49

Museum wayang terletak dikawasan wisata Kota Tua tidak jauh dari museum Fatahillah. Musuem ini dibangun pada tahun 1640 sebagai gereja yang bernama De Oude Hollandsche kerk (gereja lama Belanda) lalu diperbaiki pada tahun 1808 dengan nama De Nieuwe Hollandse kerk (gereja baru Belanda) lalu masih pada tahun yang sama gereja ini hancur oleh gempa bumi dan rerntuhannya inilah yang dibangun museum wayang. Jika dilihat dari luar museum ini terlihat bergaya bangunan Eropa dan menyatu dengan bangunan-bangunan tua di kanan kirinya hanya saja museum wayang lebih terawat.

Saat masuk kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 3000 / orang, murah memang jika dibandingkan dengan pengetahuan yang kita dapatkan. Untuk melihat koleksi wayang kita harus berjalan dilorong yang searah dan teratur sehingga tak mungkin nyasar. Koleksi wayang kita dapat lihat di pinggir lorong tersimpan rapih dalam kotak kaca beserta informasinya tapi ada juga wayang yang tidak tersimpan dalam kotak kaca. Selain wayang disini kita juga dapat melihat gamelan, ondel-ondel, boneka unyil dll.

Suasana museum yang bersih, nyaman dan sejuk membuat saya betah disini. ditengah perjalanan terdapat sebuah taman kecil yang masih memajang sisa reruntuhan gereja yaitu berupa prasati dan tulisan didinding. Bukan hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke museum ini tapi misatawan mancanegara juga ada.

Source Kompas kompasiana.com/claudyusuf/550009f4a33311fb6f50fa94/berwisata-ke-museum-wayang
Comments
Loading...