Museum Wayang : Jalan-jalan ke Museum Wayang

0 101

Kesenian wayang dan boneka sudah akrab bagi orang Indonesia.  Cerita dalam wayang biasanya diambil dari roman epik Mahabarata atau Ramayana. Namun ada juga yang berkisah tentang kemerdekaan ataupun fabel. Mengenai roman Mahabarata dan Rahwana bagi anak muda jaman sekarang memang tidak terlalu paham mengenai cerita maupun tokohnya. Saya sendiri mencari tahu cerita Mahabarata melalui membaca buku Mahabarata karya C. Rajagopalachari, itupun saya tidak selesai membacanya.

Itu karena menurut saya cerita Mahabarata agak tidak masuk akal, saya sudah malas membaca saat Yudistira bertaruh dalam permainan dadu dengan Sengkuni, Yudistira kalah dalam taruhan, semua dipertaruhkan mulai dari saudaranya, Drupadi dan kerajaannya. Kemudian saya membaca lagi ringkasan Mahabarata dan Ramayana dalam buku

Empat Kuliah Agama Islam

karya Prof  HM Rasjidi pada pembahasan Agama Hindu. Roman Mahabarata dan Ramayana sekalipun ada hal-hal yang bisa dibilang tidak masuk akal, tapi memang banyak membawa pesan dan pencerahan jiwa manusia. Akhir-akhir ini bahkan nama Sengkuni mulai populer setelah mantan Ketua Umum Partai Demokrat mempopulerkan istilah, “Politik para Sengkuni”.haha.. Seru bukan dunia wayang itu, berisi tentang pencerahan jiwa manusia. Nah, sekarang mari kita lihat koleksi dari macam-macam wayang dan boneka yang ada di Museum Wayang.

Source kompasiana.com kompasiana.com/biliksukma/552e030b6ea834231c8b4589/jalanjalan-ke-museum-wayang-yuk
Comments
Loading...